Rabu, 14 Juli 2010

Warna Pup Bayi Berubah, Jangan Khawatir

Di sana akan terjadi penyerapan elemen nutrisi yang diperlukan tubuh dan sisanya seperti serat akan terbawa hingga ke usus besar dan tidak terserap sepenuhnya. Sepanjang saluran pencernaan, pup akan membawa berbagai macam variasi makanan yang ada di dalamnya, entah itu jus, bakteri, cairan lainnya, dan akan terlihat dampaknya pada pup si bayi dan juga baunya.

3. Efek dari Air Susu Ibu (ASI) vs Susu Formula
Idealnya, apa yang dimakan akan membuat perbedaan pada hasil akhir. ASI cenderung lebih diserap hampir seluruhnya dan bahkan kadangkala hanya sedikit sisa yang keluar, sehingga mungkin saja bayi tidak pup untuk beberapa hari. Akan tetapi banyak juga bayi yang mengeluarkan pup berwarna “kekuningan� setiap kali diberi ASI, setidaknya
mungkin pada beberapa kali pemberian.

Sedangkan pada bayi yang diberikan susu formula, mereka cenderung mempunyai pup yang berwarna agak gelap. Yang harus diingat adalah, bahwa setiap bayi itu berbeda dan ada banyak variasi pup yang normal.

4. Tip kecil untuk para orangtua
Jangan takut jika pup si kecil berubah-ubah, karena pergerakan saluran cernanya. Ini sangatlah normal pada bayi. pupnya akan berubah seiring dengan apa yang dimakannya dan dengan semakin berkembangnya si kecil diiringi pertumbuhan bakteri normal usus.

Sangatlah jarang bahwa perubahan warna pup menandakan adanya masalah pencernaan. Biasanya warna yang keluar menandakan ada banyak atau sedikitnya pigmen kekuningan, hijau, coklat, oranye yang diserap sepanjang saluran pencernaan.

5. Kapan saatnya untuk khawatir?
Anda boleh khawatir terhadap si bayi jika mendapatkan pupnya berwarna putih pucat untuk beberapa saat, karena bisa saja ini merupakan tanda adanya gangguan dari liver. Jika warna pup berubah menjadi hitam seperti ter, bisa saja mengarah adanya perdarahan saluran cerna bagian atas di mana darah sudah berubah menjadi warna hitam seiring pup berjalan sepanjang saluran cerna menuju ke bawah.

Jika warnanya berubah menjadi warna merah darah, mungkin saja ada perdarahan dekat saluran anus. Akan tetapi perhatikan juga bahwa warna merah bisa saja karena pengaruh obat dan pewarna makanan. Segera kontak dokter anak anda jika itu terjadi, karena mereka bisa memberitahu anda apakah benar ada darah di dalam pup si kecil.


UPGNDBAZEXU8

Oleh dr. Intan Airlina Febiliawanti

kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Anak anak | Design : Noyod.Com