Kamis, 16 September 2010

Cara Merangsang Panca indera Bayi

Selama ini bayi yang baru lahir selalu menerima dan menanggapi rangsangan dari lingkungan sekitar. Karena itu orangtua harus cermat dalam memberikan rangsangan untuk buah hatinya.

Bayi yang baru lahir sebenarnya sudah bisa melihat, mendengar, merasakan, mencium dan mengenal rasa, meskipun beberapa bayi terkadang membutuhkan waktu untuk membuat kelima indera ini sepenuhnya matang. Karena semua indera di tubuhnya sudah dikembangkan sejak usia tujuh bulan dikandungan.

Kegagalan dalam memberikan rangsangan bisa berdampak buruk terhadap pertumbuhan fisik dan psikologis serta perkembangannya. Karena itu orangtua harus memahami bagaimana cara memberikan rangsangan pada bayi untuk membantunya mengenal dunia, seperti dikutip dari Howstuffworks, Selasa (15/6/2010), yaitu:

Indera perasa (sentuhan)
Salah satu cara yang paling penting untuk berkomunikasi dengan bayi adalah melalui sentuhan, karena bayi sangat menikmati setiap gerakan tangan dan gerakan yang lembut. Selama di dalam rahim bayi sudah terbiasa digoyang oleh gerakan-gerakan sang ibu, sehingga setelah lahir bayi akan merasa terhibur jika digoyang-goyangkan.

Rangsangan yang diberikan pada si kecil bisa melalui kegiatan sehari-hari seperti saat memandikan, mengganti pakaian, popok, berjalan-jalan dengan posisi bayi ada di tangan sang ibu serta merangsang bayi dengan berbagai sentuhan dan gerakan.

Indera penciuman dan rasa
Bayi yang baru lahir akan sangat cepat untuk mengenali bau terutama bau ibunya, sehingga jika ibu selalu berada di dekat bayi maka akan mudah baginya untuk mengenali bau sang ibu.

Meskipun lidah bayi belum berkembang sepenuhnya dibandingkan orang dewasa, tapi bayi sudah mulai bisa mengenal rasa manis dan juga asam atau kecut. Indera rasa ini akan semakin berkembang setelah bayi mendapatkan makanan pendamping ASI (MP-ASI), karenanya ibu harus kreatif dalam memberikan variasi makanan.

Indera pendengaran
Selama trimester terakhir kehamilan, bayi sudah bisa mendengarkan suara ibunya. Indera pendengaran ini sudah bisa dirangsang sejak bayi dilahirkan melalui suara-suara lembut, kotak musik, mainan yang menimbulkan bunyi menenangkan, mendengarkan seseorang bernyanyi atau mengajaknya berbicara. Namun bayi bisa menjadi kesal jika mendengar suara yang tajam atau keras.

Indera penglihatan
Meskipun sistem penglihatannya belum berkembang sempurna, tapi bayi bisa melihat cukup baik pada jarak tertentu terutama jarak dari hidung si kecil ke puting ibunya. Untuk merangsangnya bisa dengan memberikan beberapa pola atau benda yang menarik, seperti bermain wajah, bermain dengan kaca atau memperlihatkan mainan yang lucu dan menarik perhatiannya.

Tahapan pembelajaran untuk bayi harus melibatkan keseluruhan indera seperti penciuman, perasa, pendengaran, penglihatan dan sentuhan. Indera bayi bisa berkembang sangat cepat sama seperti pertumbuhannya. Karena itu orangtua bisa mulai memberikannya rangsangan sejak dini.

(ver/up)
Sumber: http://health.detik.com/

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tips yang menarik..
salam kenal :)


http://kesehatan.dianrakyat.co.id

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Anak anak | Design : Noyod.Com