Rabu, 14 Juli 2010

Bayi Bisa Belajar ketika Sedang Tidur

Mungkin anda belum tahu kemampuan sikecil tentang yang satu ini. Ternyata bayi mempunyai kehebatan yang mencengangakanm pasalnya otak bayi yang baru lahir justru berkembang dengan sangat cepat. Dalam keadaan tidur saja, bayi yang baru lahir dapat terus belajar. Bayi memang hanya bisa terjaga beberapa jam dalam sehari, namun otak mereka tidak pernah berhenti bekerja sepanjang waktu.

Para ilmuan yakin, otak bayi dapat terus menyesuaikan dan beradaptasi dengan dunia fisik, meskipun kelihatannya mereka tertidur. Sebuah penelitian yang dilakukan pada bayi berumur satu hingga dua hari, menunjukkan kemampuan mereka untuk menyerap informasi lingkungan di sekitar mereka bak “spons data” tanpa henti.

Penelitian sederhana dilakukan oleh para ahli dari Universitas Florida, pada 26 bayi baru lahir yang sedang tidur. Para peneliti memutarkan sebuah lagu yang diikuti dengan hembusan udara lembut ke kelopak mata bayi. Setelah 20 menit, sebanyak 24 bayi belajar mengantisipasi hembusan dengan sedikir menggerakkan matanya. Gelombang Otak bayi juga turut mengalami perubahan.

Dana Byrd, seorang psikolog, mengatakan, “Kami menemukan bentuk dasar pembelajaran pada bayi yang sedang tidur. Jenis pembelajaran yang tidak dapat dilihat dalam tidur orang dewasa. Mereka belajar lebih baik dari yang kita tahu.” Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceeding of National Academy of Sciences juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi bayi yang tidak berkembang dengan baik, seperti bayi yang berisiko menderita disleksia atau autisme.(Telegraph/AST/AYB). ref.surgaku.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2010 Anak anak | Design : Noyod.Com